Demam Berdarah?

Pernah  kena demam tinggi hingga 41 derajat C selama 2-7 hari?   Sakit kepala, hilang nafsu makan dan seluruh persendian terasa nyeri?   Wah hati-hati ya sobat,  ini  merupakan gejala-gejala kena Demam Berdarah Dengue .

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam yang diikuti pendarahan di bawah kulit, selaput hidung dan lambung.  Apa penyebabnya? Apalagi kalau bukan karena virus Dengue.  Nah virus ini bisa masuk ke aliran darah kita  karena dibawa oleh nyamuk Aedes Aegepti yang menggigit kita. Yaah, nasib  Kamu sial banget ya kalau pas digigit, apalagi  Kamu  tidak tahu juga kapan dan dimana  digigitnya. Bisa di sekolah, di kantor, atau di rumah sendiri, bikin kesel dan seuzon khan?.

Coba Kamu simak disini,  tambahan ciri-ciri kena demam berdarah  selain  diawali demam yang tinggi, penderita demam berdarah akan mengalami  rasa mual, muntah, nyeri uluhati, dan penurunan  trombosit hingga dibawah 100.000 mm3. Selanjutnya terjadi pendarahan di bawah kulit  berupa bintik-bintik merah, mimisan, gusi berdarah, muntah darah dan BAB berdarah. Kalau terlambat ditangani  bakalan bye-bye.. nyawa melayang deh.  Ngeri  banget khan ?  Mangkanya sebelum terlambat penderita musti  cepat-cepat dibawa ke RS apabila mengalami gejala-gejala tsb.

Demam Berdarah,  Rawan Pendarahan

Tahukah sobat Foodigan  bahwa  trombosit normal dalam darah adalah antara 400.000-200.000/mm3.  Jika jumlah trombosit dalam darah turun dibawah 50.000/mm3 maka tubuh  menjadi rentan  akan terjadinya pendarahan.  Penderita demam berdarah  pada kondisi trombosit sangat rendah dianjurkan jangan banyak bergerak, bahkan gosok gigipun tidak diperkenankan. Itu karena  saat jumlah  trombosit sangat rendah, gerakan dan gesekan bahkan yang sangat lembutpun bisa berakibat pendarahan tubuh, baik internal maupun eksternal.

Angkak dan Jambu Biji, Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue

Pasien Demam Berdarah mengalami penurunan jumlah trombosit sehingga rentan terhadap pendarahan

Banyak pendapat mengatakan bahwa meminum jus Jambu klutuk (Jambu biji) yang berwarna merah dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah.

Buah ini  memang  obat demam berdarah alami yang berkhasiat, karena kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi. Vitamin C berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu  Foodigan.com  mau share tentang  sejenis bahan natural yang bila dikonsumsi dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.  Namanya Angkak.  Saat DBD menyerang sangat dianjurkan mengkonsumsi Angkak.   Lalu makhluk apa sih Angkak ini?

Nah, angkak  ini ternyata terbuat dari beras khusus dari Tiongkok  yang difermentasi  selama bbrp hari  hingga berwarna kemerah-merahan. Angkak telah dikenal penduduk Tiongkok  sejak ratusan tahun silam, dan umum digunakan bangsa  Tiongkok sebagai bagian dari campuran rempah masakan dan herbal kesehatan mereka. Angkak yang dikenal di Amerika  dengan nama Red Yeast Rice kini mulai popular dan dijual pula dalam bentuk kapsul sebagai penurun kolesterol alamiah yang ampuh.

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan tikus putih sebagai objeknya ternyata terbukti bahwa Angkak mampu meningkatkan jumlah tromosit secara signifikan. Karena khasiatnya inilah, Angkak dapat digunakan sebagai obat demam berdarah.

Efek Angkak pada penderita demam berdarah sangat cepat, tidak perlu menunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya.  Selain menaikkan trombosit, Angkak juga menurunkan kolesterol.

Nah caranya bagaimana? Gampang banget kok, mirip  bikin kopi, seduh saja 1 sendok makan Angkak dengan 2 gelas air panas, lalu minum air seduhannya yang sudah menjadi merah tersebut. Tidak ada batasan berapa kali meminumnya dalam sehari.

Angkak mudah diperoleh di super market-super market. Kalau Kamu belanja di Carrefour  Kamu bisa temukan Angkak  dalam bungkusan-bungkusan kecil di corner  sayuran dan bumbu-bumbu  dapur.  Selamat mencoba khasiat Angkak ya Sobat.

Berantas Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Untuk melakukan pencegahan terhadap wabah demam berdarah,  maka jangan lupa untuk selalu menghindari  berkembangnya nyamuk demam berdarah  dengan cara memelihara lingkungan tetap bersih dan cukup sinar matahari.

Berantas sarang nyamuk dengan 4 M yaitu:

  • Menguras bak mandi,
  • Menutup tempat sampah dan penampungan air,
  • Mengubur barang-barang  bekas yang tdk terpakai
  • serta  Memantau jentik-jentik nyamuk.

Jangan lupa juga memelihara ikan di tempat penampungan air,  melakukan pengasapan, menaburkan serbuk Abate dan menyemprot  nyamuk.