Jajanan Anak Sekolah Emang Ngangenin

Hi Foodigans! Siapa sih yang nggak kangen zaman kita kecil dahulu? Sekolah dan  bermain bersama teman tanpa memikirkan beban. Ada satu hal nih yang bikin kita kangen banget sama zaman SD,  yaitu jajanan-nya. Memang sih kalau dipikir-pikir kebanyakan jajanan anak sekolah (SD) memang jarang yang sehat tapi gak salah kan kalau kita bernostalgia.

Baca yook Pantun Nasihat  dari artikel ini.

 Jajanan Anak Sekolah: Kue Cubit

Jajanan Anak Sekolah Kue Cubit

Kue Cubit

Kalau kita lagi jam istirahat ni atau nongkrong sama teman sepermainan, enaknya makan kue cubit.

Cara membuat kue cubit sangat sederhana, tinggal menggunakan bahan-bahan rumah seperti tepung, mentega, telur, dan gula.

Kue cubit tersedia dengan rasa manis coklat.  (Tonton video:  Resep bikin kue cubit disini).

Biasanya kue cubit berbentuk bulat atau bisa dipesan dengan berbentuk sarang laba-laba. Harga kue cubit sangat terjangkau, harga berkisar antara Rp. 500 – 1.000 per kue. Akan tetapi untuk yang berbentuk sarang laba-laba harga berbeda loh, agak mahalan dikit yakni  berkisar antara Rp. 2.000 – 3.000.

Akhir-akhir ini, lagi trend-trendnya nih buat kue cubit dengan rasa berbeda-beda seperti rasa green tea, toblerone dan nutella. Wah sepertinya pedagang sedang mengikuti trend martabak toblerone ataupun nutella, tapi patut dicoba foodigans!.  Buat yang belum coba yuk cobain deh!, apalagi kalau dipesan setengah matang, rasanya yummy!

Kalau kamu mau cari peralatan buat bikin kue cubit bisa Kamu jajagi disini.

 Jajanan Anak Sekolah: Permen Gulali (Ayam Jago)

Jajanan Anak Sekolah Permen-Gulali

Permen-Gulali

Permen jajanan anak sekolah yang satu ini memang sangat unik foodigans!. Permen ini di buat dengan 100% gula yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam bentuk, biasanya sih dibentuk menyerupai ayam jago. Permen ini di buat secara  manual loh!, yang berarti  non mesin alias pakai tangan.

Sayangnya sudah jarang sekali pedagang yang menjual permen tersebut. Harga permen gulali ini berkisar antara Rp. 1.000 – 2.000 tergantung permen tersebut mau  dibentuk menyerupai apa, karena sebagian bentuk membutuhkan lebih banyak bahan untuk membuatnya.

Kalau Foodigans kebetulan  menemukan lokasi atau  tempat pedagang yang menjual permen ini, jangan lupa di share dong.

 

Jajanan Anak Sekolah:  Baklor

Jajanan Anak Sekolah Baklor

Jajanan Anak Sekolah, Baklor

Foodigans pernah denger nggak sama  makanan yang satu ini? Sebenarnya pedagang baklor ini mirip dengan abang-abang kerak telor, akan tetapi telur yang di buat oleh pedagang ini menggunakan cetakan kue cubit, jadi bentuknya bulat hampir sama seperti kue tersebut.

Bahan-bahan yang digunakan oleh pedagang ini adalah telur, selederi atau sayur praktis lainnya, garam, dan gula. Yang enak dari jajanan ini  adalah kita dapat membuat baklor sendiri.

Pedagang baklor ini biasanya memberikan kita garpu atau stick tusuk untuk kita memasak sendiri.   Terutama buat anak  SD pasti tertarik sekali karena mereka bisa memasak sendiri dan membayangkan menjadi  chef,   layaknya peserta acara Junior Master Chef di TV itu lho.

Jangan lupa untuk menggunakan sambal pedas yang sudah disediakan, di jamin rasanya maknyus!.  Harga sepotong baklor biasanya hanya Rp. 200, tapi kalau sekarang sudah jarang menemui pedagang ini, jadi untuk harga mungkin berbeda bila sobat sekalian menjumpai pedagang tersebut.

 

Jajanan Anak Sekolah: Anak Mas

Jajanan Anak Sekolah Mie Kremes Anak Mas

Mie Kremes Anak Mas

Sobat Foodigans inget kan dengan mie kremes yang satu ini.  Mie kremes Anak  Mas ini cukup dulu terkenal diantara kawanan anak SD.

Menyajikan mie kremes cukup gampang, hanya di kremes dan setelah itu di masukan bumbunya. Naah,  siap disajikan deh sambil jalan atau main dengan teman-teman.

Zaman dahulu, di tahun sembilan puluhan harga anak mas ini hanya Rp. 500 per bungkus, terjangkau sekali kan?.  Kalau sekarang terakhir berjumpa dengan Anak Mas, harga sudah berkisar antara Rp 1,000 – 2,000, masih murah sih, seperti bayar parkiran motor atau mobil.

Bila Foodigans ingin membeli Anak Mas dan bingung beli di mana, kalian  bisa order online karena banyak pedagang yang menjual per kardus via online.

 

Jajanan Anak Sekolah: Kue Lidi

Jajanan Anak Sekolah Kue Lidi

Jajanan Anak Sekolah: Kue Lidi

Untuk yang satu ini pasti Foodigans masih kenal nih!.  Kue lidi ini terbuat dari tepung dan dibentuk menyerupai sapu lidi.

Lidi ini rasanya ada yang sangat pedas, jadi hati-hati bila mengkonsumsinya. Harga makanan kue lidi ini berkisar antara Rp. 1,000 – 2,000 per bungkus kecil.

Yang lagi trend nih  sekarang  ada berbagai macam rasa lidi.  Pedagang online banyak yang menjual lidi dengan berbagai macam rasa seperti rasa coklat, vanilla, dan lainnya. Foodigans pasti kaget deh kalau tau bahwa ada berbagai macam rasa lidi di luar sana.

 

Jajanan Anak Sekolah: Rambut Nenek

Jajanan Anak Sekolah Rambut Nenek

Rambut Nenek

Buat Foodigans yang suka manis patut coba nih yang satu ini. Pasti Foodigans familiar deh dengan jajanan anak sekolah yang satu ini.  Jajanan tradisional ini bernama  si Rambut nenek atau Arbanat,  sedang versi modernnya adalah  Arum manis  atau Cotton candy.

Rambut nenek ini dibuat menggunakan gula dan tepung.

Bentuk rambut nenek biasanya terlapis seperti burger hanya saja di dalamnya terdapat gulali. Harga rambut nenek berkisar antara Rp 1,000 sampai dengan Rp. 2,000. Selain di sekolah dasar, rambut nenek ini bisa kita jumpai juga loh di pasar. Malah pedagang di pasar lebih banyak yang berjualan rambut nenek daripada di depan SD.

Boleh dibilang,  Arbanat masih mudah untuk didapatkan. Oya, disamping  Arbanat  ada jajanan serupa  yang cara pambuatannya lebih modern yaitu si Arum manis.  Arum manis  memiliki bahan dasar seperti Arbanat namun cara pembuatan dan hasilnya lebih modern.  Nah, Kamu suka yang mana si Rambut nenek atau si Arum manis?

Nah, buat yang penasaran,  kalau Kamu mau coba sendiri  bikin Arum manis , coba deh pakai peralatan ini.

 

Jajanan Anak Sekolah: Permen White Rabbit

Jajanan Anak Sekolah Permen White Rabbit

Permen White Rabbit

Permen White Rabbit ini berlapis dan berasa susu asli yang manis. Hal unik  mengenai permen ini adalah plastik permen tersebut bisa kita makan.

Dulu, permen ini bisa di temukan di supermarket terdekat. Anehnya, sekarang permen ini sulit didapat. Terakhir bertemu dengan permen ini, harga permen tersebut berkisar antara Rp 5,000 – Rp. 10,000 per bungkus.