Jus Mania, Si Penggemar  Jus Buah-buahan

Si Novie gadis ABG periang tetangga  sebelah. Dia emang suka banget sama yang namanya jus buah. Setiap pulang sekolah, sampai di rumah lempar tas  dan copot sepatu langsung lari ke dapur panggil sang Bibik,   “ Bikkkk.. bikinin jus jambu klutuk dong.. jangan lupa  tambah gula ya  biar manis  dan disaring biar lembut.. !”, begitu perintahnya.  Dasar jus mania, Novie kadang bisa sampai habis 2- 3 gelas. Memang dalam suasana panas gitu minum jus buah dingin mak nyuuss banget sbg penghilang dahaga.

Namun tahukah Novie dan juga Foodigans kesegaran jus buah tersebut bisa berakibat buruk?  Sekelompok  peneliti dari Australia menemukan bahwa mengkonsumsi jus buah secara rutin ternyata berbahaya dan tidak dianjurkan.  Kenapa begitu? Bukan karena bahan utamanya yang berupa buah, karena buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral, melainkan pada kandungan gula yang tinggi dari jus  tersebut. Aapalagi kalau pada saat membuat jus  dari buah yang rasanya sedikit asam, biasanya ditambah dengan gula berlebih sebagai pemanis rasa. Memang segaar.. tapi  jangan kamu lakukan itu Foodigans, berbahaya.

Apa Kata Peneliti ?

Dr. Matthew Pase, peneliti dari Swinburne University of Technology, Hawthorn, Australia mengatakan bahwa “Meskipun jus buah-buahan memiliki kandungan vitamin esensial, namun kandungan gula tinggi dengan serat rendah menjadikannya  tidak direkomendasikan diminum secara rutin,”.  Banyak di super market kita temukan  kemasan jus dengan berbagai merek dan rasa, kebanyakan ditambahkan gula didalamnya. Foodigans tahu khan, mengkonsumsi  jus kemasan dengan tambahan gula dapat meningkatkan  asupan gula dalam tubuh. Sebagai akibatnya, hal ini dapat memperparah resiko terserang hipertensi, penyakit jantung, dan gangguan pembuluh darah.

Masyarakat Inggris bahkan menganggap jus buah sebagai salah satu penyebab obesitas dan epidemi diabetes di Inggris. Pasalnya, dalam satu kemasan jus buah-buahan berukuran 250 ml mengandung 115 kalori yang setara dengan konsumsi tujuh sendok teh gula. Sebagai pembanding, satu kaleng minuman kola sendiri mengandung 139 kalori.Padahal, Badan Kesehatan Dunia (WHO) hanya merekomendasikan seseorang untuk mengkonsumsi gula tak lebih dari enam sendok teh setiap harinya.

Selain itu konsumsi jus buah kemasan pada anak-anak juga dapat memicu gigi anak yang mudah rusak. Dalam sebuah penelitian didapati setidaknya satu dari delapan anak di Inggris mengalami gigi busuk mulai usia tiga tahun akibat terlalu sering meminum jus buah kemasan. Di bagian lain Inggris, bahkan angka kerusakan gigi itu tiga kali lipat lebih parah.

Jadi Musti Gimana Dong?

Nah apa conclusion nya Foodigans?.  Bagi Novie dan  Foodigans penggemar jus buah tak perlu takut dan kuatir  serta menyingkirkan jus buah dari menu kamu. Yang perlu kalian hindari adalah jus kemasan yang dicampur  gula.

Selain itu  kalau Foodigans pengin minum jus buah sebaiknya buat sendiri di rumah. Bikin dari buah murni ya, jangan ditambah gula karena rasa manis alami pada buah justru  baik bagi tubuh. Agar tercipta kombinasi  jus yang segar dan terasa manis  buatlah jus beraneka ragam buah sedemikian rupa sehingga komposisinya mengandung rasa manis alami  sesuai seleramu.