Berpuasa adalah  wajib bagi umat muslim. Oleh karena itu dalam berbagai situasi dan kondisi semua berupaya melaksanakan ibadah tsb.   Banyak sekali mitos puasa yang beredar di masyarakat dan bahkan sudah  membumi sehingga dianggap benar. Sebaiknya ketahui beberapa diantara mitos dan fakta yang akan berguna buat kita agar ibadah puasa  bisa berjalan dengan optimal.

Benarkah Ibu menyusui tidak boleh berpuasa?

Faktanya, puasa tidak mempengaruhi kualitas ASI. Tubuh manusia sangat pintar sehingga sdh memiliki mekanismenya sendiri  dalam melakukan kompensasi dalam situasi apapun asalkan tdk berlebihan.  Sebenarnya yang dikuatirkan pada ibu menyusui adalah terjadinya kehausan dan dehidrasi.

Jadi?

Bagi ibu menyusui sangatlah penting menjaga kesehatan saat puasa. Perhatikan kebutuhan vitamin, cairan, elektrolit, nutrisi, protein.  Minum air harus cukup seperti hari-hari biasa yaitu 8 gelas.

Lakukan pengaturan sbb : mulai bangun tidur minum 2 gelas, makan sahur 2 gelas, buka puasa 1 gelas,  makan malam 2 gelas dan sebelum tidur 1 gelas.  Perhatikan asupan gizinya. Kalori yang diperlukan  dalam sehari mencapai 700 kalori tambahan atau setidaknya 500 kalori.  Jangan kebanyakan makanan manis dan karbohidrat. Untuk  membantu melancarkan produksi air susu makanlah daun katuk.

 

Benarkan Ibu hamil tetap bisa berpuasa?

Bisa, asalkan tetap memperhatikan nutrisi saat  sahur dan buka puasa sehingga tercukupi selama berpuasa.  Bagi kehamilan triwulan pertama dan masih mual-mual, sebaiknya jangan berpuasa dulu. Namun jika mual sdh teratasi dan tdk mengganggu  kehamilan maka sdh boleh berpuasa.

Jadi ?

Apa yang harus dilakukan?  Selama sahur jangan makan asal kenyang saja misal makan mie,  dan pikirkan selalu kesehatan sang bayi, apalagi di triwulan pertama sudah ada pembentukan sel otak.  Seperti halnya untuk ibu menyusui ibu hamil juga memerlukan vitamin, cairan, elektrolit, protein. Jangan berlebihan lemak dan karbohidrat.

 

Benarkah selama puasa tidak perlu berolah raga karena akan memperlemah tubuh?

Faktanya, jika puasa hanya berdiam diri saja maka kadar gula darah akan lebih cepat turun karena sel-sel tubuh tidak beraktifitas. Akibatnya oksigen tidak masuk ke sel-sel tubuh berakibat tubuh loyo dan tdk bertenaga.

Jadi?

Walau berpuasa lakukanlah olahraga. Namun dengan intensitas ringan sampai sedang. Jangan lakukan olahraga berat  setelah sahur karena memicu dehidrasi.  Sebaiknya lakukan olah raga setengah jam sebelum berbuka puasa.

 

Benarkah Penderita Maag tidak boleh berpuasa karena akan memperparah penyakitnya?

 

Ada 2 jenis penyakit maag. Maag Fungsional dan Maag Organik.

Maag Fungsional :  Akibat salah pola makan, kelelahan fisik, stress dan beban pikiran. Justru dengan berpuasa Maag jenis ini akan sembuh karena adanya management stress yang baik saat berpuasa.

Maag Organik :  Maag akibat adanya kesakitan atau luka di organ, misal lecet, hiperemis (kemerahan) sampai pendarahan.  Bagi yang memiliki Maag Organik sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan puasa.

Jadi?

Jika ingin berpuasa  harus makan sahur tapi jangan asal kenyang.  Jangan mengkonsumsi mie, karbohidrat tinggi, atau terlalu banyak makanan manis, sebab makanan tersebut hanya akan tahan selama 2 jam.

Perbedaan pikir antara orang yang telat makan dan berpuasa adalah : Pada saat jam makan telat maka pikiran akan menagih saluran cerna untuk makan. Akibatnya asam lambung akan naik.  Berbeda dengan berpuasa dimana otak sdh deprogram untuk tdk makan sampai saat berbuka puasa  sehingga otomatis tidak akan mengalami maag.

Saat sahur makanlah dengan makanan berkuah, sayuran berserat tinggi karena akan lambat dicerna  hingga efek kenyangnya lebih lama. Seusai makan sahur jangan tidur karena akan membuat metabolism tubuh menjadi lambat.

Jangan langsung makan banyak saat berbuka puasa, karena akan berbahaya buat lambung.  Makan sedikit dulu baru dilanjutkan usai salat tarawih.

 

Benarkah berbuka minum air dingin tidak masalah?

Sebenarnya dalam keseharian tidak dianjurkan minum air dingin. Tubuh butuh waktu  untuk menyeimbangkan suhu air agar bisa diserap oleh sel-sel.  Sehari-hari saja tdk dianjurkan apalagi saat puasa yang mana tubuh cenderung lebih hangat dari biasanya.  Bayangkan saja 12 jam tdk diisi air tiba-tiba  langsung diisi air dingin.  Jadi  jangan lakukan itu.

Jadi?

Minumlah air air putih yang hangat sehingga langsung bisa diserap ke sel-sel.  Jangan berbuka puasa dengan minum air dingin apalagi dibarengi dengan minum kolak pisang yang berlemak dan bersantan.  Itulah yang bisa menyebabkan kegemukan.   Dan sebaiknya tidak berbuka dengan minum kopi  karena akan merangsang pengeluaran cairan tubuh.

 

Benarkah tidak sahur tidak masalah ?

Sarapan saja penting untuk membangun metabolism dan kecukupan oksigen di pagi hari sehingga bisa beraktifitas, apalagi sahur karena setelah itu tdk ada lagi makanan yang dikonsumsi hingga berbuka puasa nanti.

Selain penting untuk tubuh makan sahur juga bisa dijadikan ajang pertemuan keluarga dan mengakrabkan satu sama lain.

Jadi?

Lakukan sahur dengan besar porsi sama seperti sarapan, dengan daging sebagai proteinnya, sayur, buah, karbohidrat.  Hindari makanan yang berminyak karena dikuatirkan akan mengganggu tenggorokan.

 

Benarkah? Puasa dapat  menurunkan berat  badan?

Puasa bisa dilakukan sebagai program diet yang bagus, namun hati-hati  saat berbuka puasa perhatikan makanan berbukanya seperti apa. Jika makannya berlebihan  yang terjadi bukannya berat berkurang malah kegemukan.

Jadi?

Jangan terlalu banyak makanan yang berkalori  karena menggemukkan   spt makanan bersantan, makanan manis, atau makanan berkarbohidrat tinggi .  Makanlah buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, dan hindari santan.

 

Benarkah Puasa bisa menyembuhkan berbagai penyakit?

Benar, puasa bisa menyembuhkan hipertensi, maag, asam urat, diabetes.  Tapi tergantung dari disiplin orangnya. Misalnya sdh tahu asam urat saat buka puasa  jangan makan daging berlemak, santan, kacang-kacangan sayuran warna hijau tua, atau makan kambing guling.

Jadi?

Puasa adalah sebagai program detoksifikasi. Jika sebelumnya pencernaan tdk pernah istirahat dengan nyaman, saat berpuasa apalagi sebulan membuat pencernaan mendapatkan kekuatannya kembali. Jadi saat berbuka jangan jor-joran.

 

Benarkah? Berbuka Dengan yang Manis?

Tergantung seberapa banyak makanan manis tersebut dikonsumsi. Pada saat puasa kadar gula darah cenderung menurun. Jika berbuka dengan kolak pisang atau cendol maka lambung akan kaget karena makanan tersebut mengandung lemak, gula dan karbohidrat tinggi. Hati-hati bagi penderita diabetes, bisa-bisa terjadi lonjakan gula darah.  Baca pula berbuka puasa lebih baik tanpa si manis.

Jadi?

Berbukalah dengan segelas air putih hangat dulu untuk memberi peringatan pada system tubuh. Kemudian dilanjutkan dengan sebutir kurma karena kandungan gulanya tinggi tapi lambat dicerna. Setelah itu bebas mengkonsumsi makanan lain.