9 Resiko Kesehatan Bermain Video Game

Sobat Foodigans, apakah Kamu seorang Video Gamer?  Kamu pasti merasakan betapa asyiknya bermain game. Dengan kemajuan teknologi saat ini, industri game telah  mampu menciptakan permainan apapun  yang  mendorong setiap pemain game  dapat menemukan permainan  yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Bermain game-game ini tentu saja  sangat menghibur, namun Kamu  harus menyadari juga untuk membatasinya. Jadi, jika Kamu adalah gamer yang suka banget  dunia game dan  menghabiskan sebagian besar waktu Kamu di depan komputer, Kamu  perlu menyadari juga akan risiko kesehatan yang mengintaimu.

Foodigans, dengan mengetahui pengaruh-pengaruh buruk game  diharapkan  Kamu bisa punya kendali untuk memutuskan, dan  menahan diri Kamu  dalam bermain game  sehingga  terukur dalam bermain  game.

Pengaruh game yang buruk sdh umum  diketahui para orang tua terhadap anak-anak mereka,  spt : pandangan mata  menjadi terganggu, gangguan mental, dan sikap agresif.

Selain itu  sebenarnya ada beberapa  resiko buruk  video  game buat kesehatan yang perlu Kamu ketahui. Coba Simak berikut ini :

1. Gangguan Tidur

keasyikan main video game bakal  berakibat  Kamu jadi  Kurang tidur.  Parahnya lagi kalau kamu sedang  in, gara-gara ada level di game yang kamu penasaran banget buat memecahkannya wah  jadi bikin kamu insomnia, gelisah nggak bisa tidur.

2. Terisolir, Mengisolasi Diri

Kebanyakan main game membuat kamu jadi terisolir atau bahkan kamunya yang mengisolasi diri.  Di ajak olah raga nggak mau, diajak ke Mall  nggak mau, kemana saja nggak mau selain main video game.  Kecanduan game bisa membuat ketidak perdulian Kamu terhadap teman, keluarga, sahabat dan parahnya lagi, urusan sekolahmu terabaikan.

3. Mengabaikan Kebersihan Diri

Ketidak perdulian akan dunia luar membuat kebersihan pecandu game sangat buruk. Pada gilirannya akan menyebabkan gigi yang kotor (malas gosok gigi), malas mandi,  jerawatan dan penyakit  kebersihan lainnya.

4. Stress dan Depresi

Stress bisa dikarenakan terlalu larut dalam permainan video game.  Gagal memecahkan/  menembus level, penasaran pada misteri atau petualangan dalam game yang penuh jebakan dan sebagainya.

Depresi  terjadi, bisa jadi karena pecandu mulai sadar ketidak beresan dalam hidupnya akibat kecanduannya. Sadar mau memperbaiki diri namun terbentur pada kenyataan bahwa yang bikin dirinya nyaman hanyalah saat bermain game itu sendiri.  Serasa tidak ada kenyamanan lain di dunia ini  selain main game.

5. Carpal Tunnel Syndrome dan  Arthritis

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Resiko kebanyakan bermain game, bisa terkena  Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Kebanyakan main game bisa membuat penyakit fisik arthritis dan carpal tunnel syndrome (Sindrom lorong karpal).  Menurut studi seseorang yang bermain game selama beberapa tahun akan  menghadapi masalah pada jempolnya, yakni terkena osteoarthritis (radang pada sendi atau kerusakan pada tulang rawan sendi).

Sedang timbulnya carpal tunnel syndrome adalah adanya tekanan yang terjadi pada syaraf-syaraf  bagian lengan yang berfungsi menggerakan dan merasakan. Ini biasa terjadi pada gamer yang addicted alias kecanduan. (Baca juga : Apa Carpal Tunnel Syndrome itu dan  Bagaimana Cara Mengatasi nya)

6. Makan Ngawur,  Tidak Sehat

Gamer  asal makan  karena perhatiannya selalu tertuju ke permainannya, sehingga menu makanan yang dimakan tdk pernah diperhatikan.

7. Gaya Hidup Menganggur

Penggemar video game yang menghabiskan waktu mereka untuk terus bermain tentu lah pengangguran. Berbaring atau duduk sepanjang hari sambil bermain game, bersama dengan kebiasaan makan yang buruk dan kurang tidur adalah kombinasi berisiko yang dapat mengakibatkan penyakit  jantung, hipertensi dan stroke.

8. Perilaku Agresif

Meskipun banyak orang mungkin berpendapat bahwa video game bisa jadi  pelampiasan untuk  sikap  agresif, namun pada kenyataannya keagresifan perilaku justru  timbul karena game, khususnya di kalangan orang-orang yang sudah kecanduan.

Stres dan frustrasi mungkin berasal dari kecanduan tersebut, dan yang menjadi korban kemarahannya  adalah orang orang yang berusaha melarang atau  menginterupsi nya dari bermain game.

9. Pembohong

Berbohong  dan upaya menyembunyikan pada  perilaku yang tidak biasa adalah salah satu tanda-tanda awal bahwa masalah ini mulai  meningkat kearah kecanduan.

Penggemar video game biasanya akan muncul dengan alasan tertentu sebagai pembelaan atas perilaku serta gaya hidup tidak sehat mereka. Seiring  tingkat kecanduan meningkat, mereka akhirnya akan mulai berbohong kepada diri sendiri  dengan menganggap tidak memiliki masalah sama sekali.

Sobat Foodigans, kecanduan video game  berbahaya untuk kesejahteraan dan kesehatan seseorang.  Pastikan Kamu bukan pecandu game ya,  dan pastikan untuk mengatasi masalah sebelum lebih jauh memburuk dan  terlambat.

Sobat Foodigans, mau tahu lebih jauh tentang masalah Gaming dan kesehatan?  Kamu bisa download gratis ebook berjudul “Gaming Health Hero, What You Need To Know About Gaming Health Risks ”  di area download foodigan.com.

(Foodigan.com, dari berbagai sumber)

 

Tonton Reportase Video Kecanduan Game Online Berikut ini :