Penggunaan Lemak Trans Dilarang Dalam Makanan

Sobat foodigans baru-baru ini beredar pengumuman dari FDA (US Food and Drug Administration)
tentang pelarangan digunakannya  PHO  dalam makanan.

PHO (Partially hydrogenated oils) atau minyak terhidrogenasi parsial, yang dikenal sebagai lemak trans tidak aman untuk dimakan dan harus dihapus dari suplai makanan dalam tiga tahun ke depan, demikian kata regulator AS pada 17 june 2015.

Di Eropa sebulan kemudian  keputusan FDA ini disambut  dengan baik oleh  ESC (European society of cardiology ) yang tentu saja akan mengikuti langkah Amerika tsb.

Bagaimana dengan di Indonesia ?  Sambil  menunggu langkah positip Indonesia kita simak dulu apa sih PHO atau lemak tans  itu?

Lemak Trans itu Apa ?

Lemak trans adalah lemak  yang terbentuk pada saat  memanaskan minyak nabati cair di dalam gas hydrogen dan katalis tertentu,  pada proses yang disebut hidrogenasi.  Proses ini membuat minyak lebih stabil  dan awet ( tidak mudah tengik) dan mengubah bentuknya menjadi padat  sehingga memudahkan transportasi.

Minyak berlemak  trans juga tahan terhadap pemanasan berulang sehingga lebih ideal untuk menggoreng makanan cepat saji.  Tidak mengherankan jika  minyak ini menjadi andalan di restoran dan industry makanan kemasan .

Namun lemak trans lebih buruk dibanding lemak jenuh dalam menaikkan kolesterol jahat (LDL).  Lemak jenuh adalah lemak yang terdapat dalam daging hewan, yakni pada bagian gajih (lemaknya), seperti sapi, kambing, dan kulit ayam.

Sejumlah kecil saja lemak trans dalam makanan  bahkan dapat merugikan kesehatan.  Untuk setiap tambahan 2% kalori harian lemak trans  resiko penyakit jantung koroner meningkat sebesar 23%.

Satu porsi sedang kentang goreng mengandung  sekitar 5 gram lemak trans. Cukup untuk melipat dua kan resiko Kamu  terkena penyakit jantung. Tidak ada jumlah konsumsi yang aman  untuk lemak trans  sehingga hindarilah semaksimal mungkin.

Produk  yang seringkali terdapat lemak trans  didalamnya adalah   popcorn microwave, produk-produk  beku,  margarine and pizza  beku.

Sobat foodigans, pastikan membaca label makanan yang kamu konsumsi.  Hindari selalu  lemak jenis ini.