Manfaat  kacang  memang mengejutkan. Mengkonsumsi segenggam kacang setiap hari membuat orang berumur lebih panjang dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya.

Dalam studi yang berlangsung selama 30 tahun dan melibatkan 120.000 orang relawan  terbukti bahwa semakin sering orang mengkonsumsi kacang-kacangan maka semakin kecil kemungkinan mereka meninggal selama studi berlangsung.

Studi yang diketuai oleh Dr. Charles Fuchs tersebut meneliti  berapa seringnya orang mengkonsumsi kacang-kacangan dan pengaruhnya  terhadap resiko kematian.  Hasilnya, mengkonsumsi kacang-kacangan kurang dari sekali seminggunya akan menurunkan resiko kematian sebesar 70 %,    mengkonsumsi seminggu sekali akan menurunkan tingkat kematian 11 %,   2-4 kali seminggu  menurunkan 13 %,  5-6 kali seminggu menurunkan 15 %, dan lebih dari 7 kali seminggu menurunkan 20 %.  Artinya, resiko kematian berkurang seiring semakin seringnya orang mengkonsumsi kacang-kacangan.

Manfaat Kacang Menurunkan Resiko Kematian.

Dr. Charles Fuchs memaparkan bahwa pada mereka yang mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari maka diperoleh manfaat yang sangat jelas berupa pengurangan sebesar 29% kematian terhadap akibat penyakit jantung dan 11% akibat kanker.  Analisis menunjukkan pemakan kacang yang mengkonsumsinya secara teratur cenderung lebih ramping dibandingkan yang tidak memakannya. Hal ini mematahkan pendapat yang mengatakan bahwa memakan kacang dapat membuat gemuk.  Nah ini tentu merupakan berita gembira buat Sobat Foodigan para penggemar kacang, untuk tidak ragu dalam mengkonsumsi kacang-kacangan. Hanya saja  sebaiknya Kamu pilih produk  kacang-kacangan yang murni, tidak dibumbui macam-macam dan bersalut gula.

Ngemil kacang  lebih bisa menggiring kearah gaya hidup sehat, karena dapat menggantikan  kebiasaan merokok dan sekaligus menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.  Daripada merokok yang jelas-jelas merugikan kesehatan diri sendiri dan lingkungan lebih baik dapatkan manfaat kacang dengan ngemil kacang.  Manfaat kacang bukan hanya karena rasa kacang yang  enak  melainkan kita dapat benefitnya pula yakni  usia  yang bertambah panjang dan badan jadi lebih ramping.

Manfaat Kacang Menurunkan Resiko Penyakit Kronis.

Tidak hanya itu Sobat Foodigan, dari penelitian sebelumnya juga dibuktikan  bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan berdampak positip pada  turunnya resiko terhadap beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, batu empedu, kanker usus, dan divertikulitis (kondisi di mana kantung pada usus besar mengalami peradangan atau infeksi).

Mengkonsumsi kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan kolesterol, penurunan peradangan, stres oksidatif, lemak tubuh, dan resistensi insulin yang menurunkan resiko penyakit-penyakit tersebut.

Berlaku Untuk  Semua Jenis Kacang-kacangan.

Tim peneliti menemukan bahwa manfaat kacang berupa penurunan resiko kematian berlaku untuk semua jenis kacang, baik yang tumbuh di tanah maupun kacang yang tumbuh di pohon seperti kacang mede, almond hazelnut, macademia, kenari, kacang pinus, pistachio dan pecan.

Karena penelitian ini tidak dirancang untuk memeriksa sebab akibat sehingga tidak dapat menyimpulkan secara spesifik mengapa konsumsi kacang-kacangan dapat memperpanjang umur.  Namun para peneliti mengatakan bahwa hasilnya sangat konsisten dengan sejumlah besar data uji observasi dan klinis yang mendukung manfaat kesehatan dari konsumsi kacang terhadap banyak penyakit kronis.