Tahukah Kamu membiasakan diri minum air putih selepas bangun tidur pagi bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit? Segampang itukah?  Ya !  sayangnya banyak orang mengabaikan hal-hal yang gampang untuk dilakukan dengan alasan malas, atau mungkin karena ketidak tahuannya.

Sobat Foodigan, siapa sangka dengan teratur minum air putih selepas bangun pagi yakni  pada saat perut kosong  bisa mengusir  penyakit-penyakit  seperti; diabetes, gastritis, sakit kepala, asma, bronkitis, radang sendi, epilepsi, masalah jantung, TBC, penyakit ginjal dan urin, diare, muntah, sembelit, wasir, penyakit mata, telinga hidung dan tenggorokan penyakit, masalah rahim, kanker dan gangguan menstruasi.

Air adalah esensi kehidupan dan  sangat penting bagi kehidupan, itulah sebabnya  maka semua organ tubuh Kamu pun  membutuhkan air agar ia bisa  berfungsi dengan lancar dan baik.

Pada saat Kamu  tidur, tubuh biasanya memperbaiki sel dan membersihkan diri.  Minum 1 sampai 2 gelas air setelah bangun tidur atau sebelum sarapan sangat ideal untuk menghilangkan racun dan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dan dibuang tubuh.

Minum air saat bangun tidur dimana perut masih kosong akan  meningkatkan metabolisme tubuh di awal hari, sehingga Kamu mengawali kegiatan Kamu dengan penuh kesegaran.  Dengan minum air waktu perut kosong membantu  tubuh melepas limbah yang  hadir dalam tubuh Kamu melalui air kencing dan BAB Kamu.

Bagi penderita Bronkitis, Minum air ketika bangun pagi membantu menenangkan sekresi di dalam paru-paru yang membantu mempermudah pembersihannya.

Minum segelas air atau lebih pada perut kosong juga membantu meminimalkan efek berbahaya dari beberapa zat seperti alkohol, tembakau, dan junk food yang tinggal di tubuh Kamu. Air  melindungi dan menghidrasi  organ-organ vital tubuh Kamu seperti ginjal, menghilangkan racun yang tidak diinginkan di dalam ginjal, sehingga membuat sehat  dan meningkatkan fungsi nya.

Dengan minum 2 gelas air ketika perut kosong akan membantu menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan tonisitas kulit, dengan demikian, mencegah munculnya keriput dini. Air membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan meningkatkan aliran darah kapiler yang pada gilirannya akan   membuat penampakan kulit yang sehat dan terlihat lebih muda.

Untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan secara alami, minum 2-3 gelas air pada perut kosong adalah jawabannya. Selain menghilangkan racun dari tubuh, air membantu membakar lemak dan kalori, membantu pencernaan, dan meningkatkan metabolisme sehingga mengurangi berat badan.

Selain itu, mengkonsumsi segelas air hangat saat  perut kosong  memberi tubuh dengan energi, mencegah perasaan mengantuk dan rasa kelelahan yang kebanyakan dari Kamu biasa alami setelah bangun di pagi hari.

Jika Kamu mengalami masalah dengan perut Kamu, cobalah  minum air putih pada waktu perut kosong, air akan merangsang buang air besar sehingga  mencegah terjadinya sembelit.

Air juga bisa menjadi obat terbaik dalam mengobati masalah di usus Kamu, seperti, gastritis. Minum setidaknya 3 gelas air saat perut kosong akan membantu mengurangi tingkat keasaman di dalam usus dan meringankan kram perut.

Perlu dicatat, walaupun air bermanfaat, Kamu jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena minum terlalu banyak air  malah bisa merugikan kesehatan.

Ketika  minum air berlebihan, ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan air, mengakibatkan kadar natrium yang rendah dalam darah, suatu kondisi yang disebut hiponatremia.

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan akan berakibat tidak baik.

Panduan Minum Air

Tergantung aktifitas dan kondisi tubuh, kebutuhan akan air pada tubuh manusia dewasa dalam sehari beragam. Rekomendasi dari Institute of Medicine menyebutkan kebutuhan air minum wanita per hari sekitar 2 liter atau 8 gelas, dan pria sekitar 3 liter atau 12 gelar setiap hari.

Namun, kebutuhan tersebut tak harus dipenuhi seluruhnya dari air putih. Kita juga bisa mendapatkannya dari jenis minuman lain seperti teh, susu, kopi, buah-buahan dan sebagainya.

Buat Kamu yang mau mulai  mengkonsumsi air saat perut kosong di pagi hari,  gunakan panduan ini:

Jika Kamu masih pemula dalam mengkonsumsi air secara teratur, dianjurkan untuk memulai minum air dalam jumlah kecil dahulu. Mulailah minum segelas air pada perut kosong, kemudian secara bertahap tingkatkan menjadi 2 atau 3 gelas.

Cobalah Kamu bagi menjadi 4 kali minum dalam sehari.  Kamu  bisa memulainya dengan  minum segelas air saat  perut kosong, kemudian satu gelas setelah sarapan dan dua gelas lainnya pada jam yang berbeda sebelum makan makanan lain.

Sobat Foodigan, jangan menganggap remeh minum air dalam keseharianmu.  Berupayalah untuk minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari air, selalu pastikan bahwa air yang Kamu  minum berkualitas baik dan sehat.